10 Merk Mouse Gaming Terbaik yang Bagus Dan Awet

Diposting pada

Bagi seorang gamer, terutama yang hobi sekali bermain game PC, mouse gaming terbaik sangatlah penting untuk menunjang permainan.  Mouse terbaik tidak hanya bagus dan awet, tetapi  memiliki akurasi yang lebih tepat, sensor yang lebih baik, dan jumlah tombol yang lebih banyak. Kelebihan tersebut membawa perubahan yang signifikan dalam sebuah permainan loh, dan yang tidak kalah penting mouse gaming lebih nyaman saat digunakan.

Untuk alasan tersebut, tidak heran kalau para gamers sejati rela merogoh kocek cukup dalam untuk mendapatkan mouse yang sempurna. Tidak lucu bukan kalau memiliki keyboard gaming terbaik, tetapi mouse yang dipakai tidak bisa mengimbangi? Maka dari itu khusus untuk Anda, MerkTerbaik.com memberikan 10 rekomendasi mouse gaming spesial baik itu wireless maupun tidak.

1. Gigabyte Aorus M5

Gigabyte-Aorus-M5

Gigabyte Aorus M5 merupakan salah satu produk mouse gaming terbaik yang dikeluarkan oleh Gigabyte dengan optical sensor Pixart 3389 yang tidak perlu diragukan lagi. Sensor terbaik ini dipasangkan dengan kemampuan dot per inch sampai 16.000, tingkat akurasi yang sangat tepat untuk mouse berukuran sedang.

Merk satu ini berdasarkan bentuk dan penempatan tombol lebih cocok digunakan untuk mereka yang menggunakan tangan kanan. Desain ergonomis dibuat senyaman mungkin dengan menyesuaikan fitur telapak tangan dan jari saat menggunakan mouse.  Pada bagian kanan dan kiri juga diberi grip karet anti selip yang membuat kontrol mouse jauh lebih mudah dan presisi.

Satu lagi kelebihan spesial dari Gigabyte Aorus M5 selain desain yang stylish adalah berat mouse yang bisa disesuaikan. Anda bisa merubah berat mouse mulai dari rentang 2.5 gram sampai 130.5 gram. Cara mengubahnya adalah dengan membuka panel bagian bawah lalu tambah atau kurangi magnet pemberat, ada 5 magnet yang bisa Anda gunakan.

2. Logitech MX Vertical

Logitech-MX-Vertical

Logitech MX Vertical, sebuah pioneer mouse dengan desain unik dimana ergonomis bertemu dengan performa yang sempurna. Bagi Anda yang bukan seorang pecinta game, bentuk mouse vertikal dibilang aneh dan tidak menyerupai mouse pada umumnya, setuju? Akan tetapi, sebenarnya bagi gamers “tikus aneh” yang ini menawarkan hal yang berbeda dari segi kenyamanan dan keamanan untuk otot pergelangan tangan.

Dari segi desain ergonomis, Logitech MX Vertical hadir dengan sudut kemiringan 57 derajat yang sudah pas untuk meringankan beban pergelangan tangan. Peletakan tombol juga dites sedemikian rupa agar tidak terjadi kram otot atau cedera pada pemakaian jangka panjang. Pada bagian luar, seluruh permukaanya dilapisi dengan karet bertekstur  gelombang, jadi mouse tidak akan selip dan nyaman digunakan pada tangan kiri atau kanan.

Spesifikasi Logitech MX Vertical tidak kalah dengan desainnya yang mencolok dan berbeda. Hadir dengan 4.000 DPI,  membuat pergerakan tangan menjadi 4x lebih efisien dan presisi. Mouse dengan 4 tombol utama ini  mampu bertahan sampai 4 bulan tanpa charge, dan setiap 1 menit pengisian bisa bertahan sampai 3 jam.

3. SteelSeries Rival 710

SteelSeries-Rival-710

Bagi Anda yang ingin memiliki mouse yang lebih terasa personal, SteelSeries Rival 710 mungkin menjadi pilihan yang paling tepat. Pasalnya, SteelSeries menggunakan layar OLED pada bagian sisi kiri yang tampilannya bisa dimodifikasi sesuai keinginan pemilik. Anda bisa menaruh nama, logo, tanggal, atau tulisan apapun yang diinginkan.
Mouse Gaming SteelSeries Rival 710, menggunakan prosesor 32 bit RM dengan kemampuan mencapai 12.000 DPI.  Sensor yang digunakan adalah SteelSeries TrueMove 3 yang memungkinkan tracking 1:1 tanpa ada delay dan lag dan membuat pergerakan cursor sama persis dengan mouse. Kelebihan lain pada bagian sensor adalah modular yang bisa ditukar sehingga sensor dapat dibongkar pasang dan bahkan menggunakan sensor yang saat ini belum rilis.
SteelSeries Rival 710 kebanyakan dipilih para gamers yang doyan game battle, atau pertarungan. Ini karena mouse mampu mengalirkan getaran, dan desainnya yang ergonomis juga mantap dan nyaman di tangan. Dengan panjang 124.8 mm, dan tinggi  41.7 mm, benar-benar pas dan tidak membuat cepat pegal.
Terakhir, SteelSeries Rival 710 cocok digunakan untuk semua jenis sistem operasi mulai dari Windows, Mac, dan juga Linux asal port USB yang ada sesuai. Dalam setiap paket sudah diberikan 1 USB Braided Long Cable dan 1 USB Soft PVS Short Cable, jadi Anda tidak perlu membelinya terpisah.

4. HyperX Pulsefire Surge

HyperX-Pulsefire-Surge

HyperX Pulsefire Surge adalah salah satu pilihan tepat apabila Anda hobi bermain game tembak-tembakan atau FPS. Dengan setting DPI mencapai 16.000 ditambah sensor Pixart 3389 membuat kombinasi akurasi yang sempurna dan presisi. Belum lagi 360 derajat efek cahaya RGB menambahkan kesan dramatis dalam setiap permainan Anda.

READ  10 Merk DVD Player yang Bagus dan Berkualitas Terbaik

Mouse gaming terbaru keluaran HyperX satu ini bisa dikoneksikan menggunakan USB 2.0 dengan 1000Hz, dan transmisi data 16 bit. Dilengkapi dengan 6 tombol, dua diantaranya merupakan tombol utama yang mampu menahan 50 juta klik berkat Omron switch yang didukung TTC switch. Berat HyperX Pulsefire Surge adalah 100 grams, dan ditambah 30 grams untuk kabelnya, termasuk ringan untuk sebuah mouse yang kompleks.

Kelebihan lain dari HyperX Pulsefire Surge ada di segi harga. Untuk sekarang, bahkan mouse cantik nan presisi ini masih bisa dibeli dengan harga dibawah 1 jutaan. Bagi Anda yang ingin memilih mouse gaming berkualitas dengan harga miring, tidak ada salahnya untuk membawa pulang HyperX Pulsefire Surge.

5. Razer Ouroboros

Razer-Ouroboros

Sebelum berbicara mengenai spesifikasi, Razer Ouroboros adalah sebuah mouse yang menyajikan kecanggihan desain yang modern. Anda bisa mengubah desain mouse sesuai keinginan bukan hanya pada hardware bagian luarnya saja, tetapi juga modular sensor. Hal ini membuat kenyamanan saat bermain game meningkat dab menurunkan resiko kelelahan pada pergelangan tangan akibat bermain terlalu lama.

Untuk salah satu seri terbarunya ini, Razer menggunakan teknologi 4G laser sensor dengan kemampuan 8.200 DPI. Walaupun wireless, respon mouse sangat cepat bahkan ketika baterai mulai habis. Saat hal ini terjadi dan Anda sedang ada pada pertarungan sengit,  pasangkan saja kabel USB dan mouse bisa digunakan sembari isi ulang baterai.

Ngomong-ngomong mengenai baterai, apabila Anda terlalu malas untuk melakukan isi ulang, bisa diganti saja. Baterai yang digunakan untuk mouse satu ini mudah dilepas dan dipasangkan kembali, serta hanya menggunakan satu baterai AA. Setiap baterai mampu bertahan selama 12 jam non stop.

Apabila Anda menginginkan Razer Ouroboros spesifikasi yang harus dimiliki minimal adalah Windows 7, dan Mac OS X ( v10.8-10.11). Mengingat saat ini Windows 7 sudah dihentikan supportnya, maka Window 8 dan 10 akan menjadi pilihan yang lebih baik agar mouse bekerja sempurna.

READ  13 Merk Kulkas Terbaik dan Hemat Listrik di Indonesia

6. Asus ROG Spatha

Asus-ROG-Spatha

Asus ROG Spatha merupakan salah satu mouse terbaru keluaran Asus dengan 12 tombol custom yang dispesifikasi untuk Anda para pecinta MMO gaming. Tidak berhenti pada 12 tombol, Asus juga menambahkan fitur wireless atau wired mode agar gamers sekalian bisa memilih mana tipe mouse yang lebih nyaman.  Satu lagi, pabrikan laptop ini juga membuat mouse sedikit lebih besar agar semakin mantap digunakan.

Untuk Anda yang menginginkan mouse besar ini, pastikan tangan yang aktif kanan ya. Pasalnya peletakan tombol dan desain mouse disesuaikan untuk mereka yang right handed atau menggunakan tangan kanan. Bodi yang terbuat dari premium magnesium alloy dan steel gray non stick yang dilapisi karet membuat mouse anti selip dan nyaman terlepas dari ukurannya yang besar.

Cukup membahas penampilan dan desain, kini mengenai spek Asus ROG Spatha hadir dengan 8.200 DPI, 150 ips, dan akselerasi 2.000 Hz. Mouse satu ini mendukung mode pixel precise tracking sehingga keakuratannya tidak perlu diragukan. Sementara untuk sensor, dipasang sensor laser untuk cursor dan sensor LED untuk mendeteksi baterai.

7. Logitech G502 Lightspeed Wireless

Logitech-G502-Lightspeed-Wireless

Mouse Gaming Logitech G502 Lightspeed Wireless, bisa dibilang yang paling populer diantara seri mouse gaming lainnya. Bahkan, banyak pemain game profesional yang memilih menggunakan mouse satu ini dalam pertandingan penting eSport mereka. Tidak heran, seperti judulnya Logitech G502 Lightspeed Wireless memang benar-benar mouse yang ringan dengan performa super cepat dan presisi serta respon sensor yang sempurna.

Kelebihan yang dimiliki si tikus ini berasal dari kemampuan HERO 16K sensor yang dapat memproses 400+ tracking dengan 16.000 DPI. Hasilnya pergerakan mouse menjadi 10x lebih efisien serta lebih hemat baterai yang pastinya menguntungkan untuk seri pertandingan yang panjang.

Berbicara tentang sinar yang dipancarkan, Anda dapat mengaturnya sesuai keinginan dan mensingkronasikannya dengan gadget yang lain. Terdapat lebih dari 16.8 juta pilihan warna berkat Lightsync RBG Intelligently. Untuk mengatur warna ini ada software khusus yang disediakan, dan bahkan Anda bisa mendownloadnya melalui G Hub software.

8. Corsair Sabre RGB

Corsair-Sabre-RGB

Corsair Sabre RGB diluncurkan khusus bagi Anda pengguna tangan kanan yang membutuhkan mouse gaming terbaik ringan, transisi halus dan cukup murah. Dilihat dari segi desain tampilannya juga memuaskan dengan banyak pilihan warna sinar RGB yang bisa dikostumisasi. Bentuknya cenderung lebih lebar, jadi pas untuk Anda yang memiliki ukuran telapak tangan yang sedikit lebih besar dari rata-rata.

Untuk ukuran DPI, Anda disuguhi 16.000, dengan optical sensor yang membuat pergerakan mouse halus dan akurat. Meskipun ukuran mouse sedikit lebih besar, tetapi beratnya tidak lebih dari 100 g sehingga tetap bisa digunakan untuk pergerakan yang cepat.

Terdapat 8 tombol, 2 tombol berada di samping kiri, 3 di bagian atas sebelah kiri, dan 3 di bagian tengah. Tombol ini bisa digunakan semua maupun sebagian, ada pengaturannya tersendiri yang dapat diatur melalui software bawaan mouse. Pada pengaturan ini, bukan hanya mengenai kostumisasi tombol saja, tetapi juga mengenai warna dan sensor, jadi lebih berhati-hati ya.

READ  10 Merk Air Purifier Terbaik yang Bagus di Indonesia

Terakhir, mouse satu ini ideal untuk memainkan hampir semua game. Mulai dari FPS, RTS maupun MOBA tanpa ada masalah sama sekali karena tombol yang bisa diatur. Asalnya pengaturannya tepat, semuanya akan berjalan dengan lancar, cukup membaca buku petunjuk untuk mengetahui cara pengaturannya secara lengkap.

9. Swiftpoint Z

Swiftpoint-Z

Khusus untuk salah satu mouse gaming terbaik satu ini, sepertinya sudah tidak bisa dikatakan buat sekedar hobi lagi karena harganya yang cukup wah dan menguras kantong. Akan tetapi, sebenarnya cukup sepadan kok harga yang harus dibayarkan dengan kemampuan yang dimiliki oleh Swiftpoint Z. Pasalnya mouse satu ini juga dipilih sebagai “Gaming Innovation of The Year” pada tahun 2019 lalu.

Masuk ke segi desain, Anda sudah bisa melihat sendiri bukan? Swiftpoint Z benar-benar dirancang secara ergonomis dengan 18 tombol yang bisa dikostumisasi dan meningkatkan efisiensi gerakan jari. Bodinya yang tidak terlalu besar dan hadir dengan desain modern membuat tampilan mouse satu ini tetap terlihat keren dan nyaman digunakan.

Hadir dengan The Z gyroscope technology, memungkinkan pergantian dari mouse dan joystick secara instan tanpa perlu setting manual. Sementara The Z sense memungkinkan deep click yang membuat Anda bisa melakukan fungsi keystroke dengan mouse.

Berbicara mengenai DPI, Swiftpoint Z hadir dengan 12.000 DPI dan dengan 3 axis in-air control. Sementara untuk USB polling rate mencapai 1000 Hz.

Terakhir, berkat kombinasi yang sempurna mouse satu ini cocok dimainkan untuk game FPS, MMOs, dan MOBA. Bahkan game yang membutuhkan presisi tinggi seperti driving atau flying object game, kecepatannya juga bisa 100% sinkron dengan layar.

10. Razer DeathAdder Chroma

Razer-DeathAdder-Chroma

Razer DeathAdder Chroma merupakan saudara dari Razer Naga Epic Chroma, jadi dari segi desain bisa dibilang tidak ada perbedaan yang mencolok. Mouse satu ini termasuk kategori mouse dengan sensor optik yang paling akurat dan presisi. Dari segi desain, ergonomi juga sangat diperhatikan sehingga nyaman dan tidak selip saat digenggam, walaupun sayangnya hanya khusus untuk pengguna tangan kanan saja.

Mouse dengan logo ular berikut, memiliki sensor 10.000 DPI dengan 16.8 juta pilihan sinar warna yang bisa diatur sedemikian rupa. Pergerakan mouse sendiri mampu bergerak dengan kecepatan 300 inchi setiap detiknya dengan 50g akselerasi.

Mengenai tombol ada 5 tombol, dengan 2 tombol tambahan berada di samping kiri yang bisa Anda atur sendiri. Pengaturan tombol menggunakan Hyperesponse buttons, software bawaan yang membuat pengaturan  mouse lebih efisien dan bisa digunakan untuk semua jenis games.

Demikian daftar 10 merk Mouse Gaming Terbaik yang bagus dan awet, bagi Anda para pecinta game sejati sampai pemain pro. Sebelum membeli mouse di atas, pastikan pertimbangkan dahulu intensitas penggunaan, jenis game yang dimainkan, kenyamanan dari desain, dan juga harganya ya? Oiya, jangan lupa juga sebagian mouse merupakan wireless dan sebagian lagi bukan, sehingga jangan sampai salah memilih dan membedakan antara keduanya.