5 Merk SSD Tercepat Performa Terbaik dan Awet

Diposting pada

Menentukan mana merk SSD tercepat bukanlah hal yang mudah, pasalnya tidak seperti dahulu, saat ini sudah tersedia begitu banyak produsen SSD. Dari merk kenamaan seperti Sandisk dan WD, sampai merk yang mungkin masih cukup asing seperti GX1 misalnya.

Padahal, merk terkenal atau tidak bukan menjadi penentu utama untuk sebuah merk SSD tercepat. Masih ada berbagai hal lain yang perlu Anda perhatikan dari segi spesifikasi atau kelebihan yang ditawarkan oleh SSD. Untuk Anda yang masih belum mantap atau bingung mana merk SSD terbaik, MerkTerbaik sudah menyiapkan rekomendasinya untuk Anda.

1. ADATA Ultimate SU650 Solid State Drive

ADATA-Ultimate-SU650-Solid-State-Drive

ADATA Ultimate SU650 Solid State Drive merupakan salah satu merk SSD terbaik 2019 untuk laptop yang bisa Anda percaya. Jika dibandingkan versi pendahulunya, kali ini dari segi kecepatan, kehandalan, dan efisiensi jauh lebih baik. Kinerja write atau read juga menjadi lebih cepat hingga 520/450 MB/s.

Implementasi NAND Flash 3D untuk seri satu ini mempunyai kapasitas yang lebih besar dengan rasio kinerja jauh lebih baik. Algoritma yang digunakan oleh ADATA Ultimate SU650 adalah SC sehingga NAND Flash bisa bekerja lebih optimal dalam mode single level. Tidak berhenti sampai disitu saja loh, mash ada dukungan dari DRAM Cache BUffer yang meningkatkan kecepatan membaca dan menulis hingga 2 kali lipat.

Untuk mengatasi apabila ada kesalahan atau terjadi pengurangan data, ADATA Ultimate SU650 memiliki teknologi ECC. Advance Error Correction Code  ini melindungi dan memastikan tidak ada data yang korup dan membuat Anda pusing karena file tiba-tiba tidak bisa di akses.

Untuk ketahanan ADATA Ultimate SU650 bukan hanya menjadi salah satu merk SSD tercepat saja, akan tetapi juga tahan banting. Merk satu ini mampu bertahan terhadap goncangan 1.500G / 0.5ms dan suhu ekstrem yang mencapai 0 – 70 derajat celcius.

READ  10 Merk DVD Player yang Bagus dan Berkualitas Terbaik

Bentuknya yang slim dan hanya 7mm juga membuat ADATA Ultimate SU650 cocok untuk semua notebook. Oiya, setiap instalasi SSD satu ini juga dibekali dengan Toolbox and Migrations Utility yang digunakan untuk memantau dan mengatur SSD. Untuk sementara ini  kapasitas yang disediakan adalah 120 GB, 240Gb dan 480GB.

2. SSD GX1 Internal Solid State Drive

SSD-GX1-Internal-Solid-State-Drive

SSD GX1 Internal Solid State Drive merupakan SSD murah terbaik 2019, dengan harganya yang terjangkau, namun kualitasnya jempolan. Dibanding SSD di kelasnya, Internal Solid State Drive yang ini 4 kali lebih cepat  baik dari kemampuan membaca sampai shutdown dan boot.

Pada seri terbarunya tentu saja GX1 selangkah lebih maju, kini pengoptimalan Windows TRIM sudah sempurna. Proses pembacaan menjadi lebih efektif, pelepasan ruang tidak berguna lebih cepat, dan pastinya kecepatan transfer serta penulisan jauh meningkat. Efek dari level up pada kinerja ini membuat umur SSD jauh lebih panjang, dan mengurangi resiko penurunan performa untuk waktu yang lama.

Untuk saat ini apabila Anda tertarik untuk membeli salah satu merk SSD terbaik GX1 Internal Solid State Drive, ada 4 pilihan kapasitas. Mulai dari 120GB, 240GB, 480GB, dan yang terbesar adalah 960GB. Kecepatan penulisan dan membaca SSD ini sama saja untuk setiap ukuran yaitu 530 dan 480 MB/s.

3. Sandisk SATA 3 SSD Plus

Sandisk-SATA-3-SSD-Plus

Sandisk SATA 3 SSD Plus hadir dengan menawarkan proses shutdown dan booting yang lebih cepat sebagai kelebihan utamanya. Selain itu proses pembacaan dan penulisan data sudah mengalami perbaikan kecepatan dari seri sebelumnya. Kini kecepatannya sudah mencapai 535MB/detik untuk membaca dan 450MB/detik untuk menulis.

Sedangkan untuk proses respon aplikasi, Sandisk mengklaim bahwa untuk seri SATA 3 SSD kecepatannya sudah 20X lebih cepat dan lebih efisien. Perbaikan besar yang terjadi bisa dibilang salah satunya berkat NAND flash yang dipasangkan pada merk SSD tercepat satu ini. Berkat NAND flash respon aplikasi dan transfer jauh meningkat dan kinerja SSD secara keseluruhan menjadi lebih optimal.

READ  10 Merk Laptop Gaming Tercepat yang Bagus dan Awet

Untuk mengatur dan mengoptimalisasi pemakaian SSD, Sandisk membekalinya dengan SSD Dashboard5. Software bawaan ini penggunaanya mudah, Anda bisa menjadwalkan pemeliharaan, mendapatkan notifikasi update firmware terbaru, dan melakukan cek apabila ada yang tidak beres.

Saat ini ada 6 pilihan kapasitas yang disediakan oleh Sandisk SATA 3 SSD Plus. Dari yang terkecil 120Gb. 240GB, 480GB, 960GB, 1 TB, dan yang paling besar sudah mencapai 2 TB. Luar biasa bukan? tidak heran seri satu ini termasuk SSD terbaik 2019 dan masih populer hingga sekarang.

Bagi Anda yang ingin membelinya, tidak perlu khawatir karena pemasangan Sandisk SATA 3 SSD Plus  sangatlah mudah. Ada tutorial lengkap bagaimana cara pemasangan yang benar di dalam kardus kemasan SSD. Jadi, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari merk SSD terbaik satu ini.

4. V-GEN Solid State Drive SSD

V-GEN-Solid-State-Drive-SSD

V-GEN Solid State Drive SSD bisa menjadi opsi yang cukup baik apabila Anda membutuhkan SSD SATA tercepat dengan harga yang minim. Dengan kecepatan 530 MB/s untuk membaca dan 450 MB/s untuk menulis, tidak ada perbedaan dari segi kecepatan dengan merek yang lebih terkenal lainnya.

SSD satu ini juga termasuk cepat dalam transfer data karena chipset yang digunakan oleh V-GEN Solid State Drive SSD merupakan chipset produksi Samsung. Tidak ada masalah sama sekali dengan kecepatan booting maupun shutdown, semuanya berjalan dengan lancar.

Meskipun termasuk versi SSD dengan harga terjangkau, Solid State Drive satu ini tidak berat dan tetap ringan. Bodinya berdimensi 100 x 70 x 6 mm dengan berat hanya 20 gram untuk kapasitas 480GB.

Apabila Anda tertarik untuk memiliki SSD satu ini, 3 pilihan kapasitas yaitu 120GB, 240Gb, dan 512GB. Semua SSD asli produksi V-Gen mendapatkan garansi resmi selama 3 tahun, jadi apabila SSD sampai rusak sebelum saat itu, Anda bisa menukarkannya dengan yang baru. Tentunya kerusakan ini bukan karena disengaja ya, melainkan karena penggunaan wajar.

READ  10 Merk Air Cooler yang Bagus dan Berkualitas Terbaik

5. WD Green Solid State Drive SSD

WD-Green-Solid-State-Drive-SSD

WD Green Solid State Drive SSD tidak kalah performanya dengan merk SSD NVME terbaik yang ada. Sebagai salah satu merk terkemuka di dunia, dari segi kecepatan performa, dan keawetan produk sudah tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan kecepatan membacanya juga lebih cepat dari SSD kebanyakan, yaitu 545 MB/s dan menulis 435 MB/s. Kecepatan yang sangat baik ini berkat adanya kontroler SM2256S produksi Silicon Motion dan flash NAND kreasi Sandisk dengan tipe 15nm TLC.

Untuk pengaturan dan pengecekan SSD, WD membekali perangkat ini dengan software WD SSD Dashboard. Bukan sekedar memantau SSD saja, tetapi data lengkap dan spesifik dari temperatur, kapasitas, dan kesehatan SSD terpampang dengan jelas.

Mengenai pilihan kapasitas ada 120GB, dan 240 GB, apabila Anda membutuhkan kapasitas yang lebih besar ada WD Blue Solid State Drive SSD. Versi Blue ini bedanya memiliki kapasitas yang lebih besar saja, keduanya dibedakan supaya konsumen lebih mudah dalam memilih.

WD Green Solid State Drive SSD mendapatkan garansi resmi dari WD selama 3 tahun penuh. Masa garansi dihitung semenjak SSD diaktifkan atau berdasarkan kwitansi pembelian yang Anda miliki.

Itulah rekomendasi merk SSD terbaik pada kali ini, ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli bukan? Diantaranya mulai dari kapasitas, kecepatan membaca dan menulis, booting, shutdown, transfer data, dan juga software bawaan SSD.

Bagi Anda yang masih bingung menentukan mana merk SSD tercepat dan memiliki performa terbaik serta awet. Semua rekomendasi di atas sudah memenuhi kriteria tersebut kok, jadi Anda bisa mulai mempertimbangkannya dari pilihan-pilihan yang ada di atas. Mungkin sedikit saran, pertimbangkan bagaimana penggunaan laptop, seberapa besar kapasitas yang Anda butuhkan, kecepatan serta performa yang diinginkan, serta dari dana yang Anda sediakan.