5 Merk Cat Semprot Body Motor yang Bagus Dan Awet

Diposting pada

Mengecat body, motor tidak harus datang ke bengkel khusus, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Syaratnya tentu saja harus hati-hati saat melakukan pengecatan dan merk cat semprot motor yang dipakai harus bagus dan awet. Untuk hasil akhirnya, tidak terdapat banyak perbedaan dengan body yang dicat menggunakan kompresor loh.

Hanya saja, seperti yang dikatakan tadi cat yang digunakan haruslah merk cat semprot body motor yang bagus. Untuk memilih cat yang bagus dan memberikan hasil yang maksimal serta awet pada body bukan hal yang mudah karena setiap cat berbeda. Untuk itu pada kesempatan kali ini MerkTerbaik memberikan beberapa rekomendasi merk yang sudah pasti bagus.

1. Diton Premium Metallic & Pearl

Diton-Premium-Metallic-&-Pearl

Diton merupakan salah satu merk cat motor yang menghadirkan berbagai varian warna berbeda dan terus menerus menambah variannya. Baru-baru ini Diton mengeluarkan varian warna Premium Metallic & Pearl. Varian warna ini juga tersedia guna cat semprot yang bagus untuk velg motorĀ dari merk Diton.

Kelebihan dari Diton Premium Metallic & Pearl adalah kemampuannya yang tahan terhadap bensin dan retak. Sehingga cat bukan saja awet dan menempel sempurna pada body, tetapi juga melindungi body dari bensin dan cuaca di luar. Perlindungan ini berkat adanya formula cat PP primer yang digunakan untuk melengkapi Primer Grey yang sudah ada.

Bagi Anda yang menginginkan Premium Metallic & Pearl sebagai cat body motor Anda, harga cat ini cukup murah loh. Untuk membeli merk satu ini juga mudah, apabila warna yang Anda inginkan tidak tersedia, selalu ada booth penjualan khusus. Booth penjualan ini aktif mempromosikan dan menjual produk Diton di berbagai pameran yang ada di kota Anda.

Pada booth penjualan, biasanya harga jauh lebih murah sekaligus ada demo bagaimana cara mengecat body motor dengan baik. Sehingga, selain mendapatkan cat kemampuan untuk memoles body motor juga meningkat.

READ  12 Merk Pengharum Lemari Pakaian yang Bagus dan Wangi

2. Hi Temp Spray Paint

 

Hi-Temp-Spray-Paint

Hi Temp Spray Paint merupakan merk cat motor yang bagus dan harganya juga terjangkau. Apalagi cat satu ini mampu untuk menghentikan karat, dan kusam yang terjadi pada body motor. Bukan hanya itu saja, Hi Temp Spray Paint juga tahan terhadap panas, jadi cat pada motor akan lebih awet dan tahan lama.

Cat ini mengandung formula resin silikon yang membuat cat tampak lebih mengkilap seperti baru. Cat juga mudah kering saat disemprotkan, jadi tidak akan mudah melebar kemana-mana.

Hanya saja, kalau Anda mau menggunakan cat satu ini pastikan bahwa cat tidak menggumpal. Caranya dengan mengocok kaleng cat selama 30 detik sebelum penggunaan. Apabila ada gumpalan cat, maka body motor Anda warnanya tidak akan rata, sebagian akan lebih tebal dan sebagian lagi lebih tipis.

Selanjutnya yang harus diperhatikan, permukaan body motor haruslah bersih. Termasuk dari noda kotoran sampai noda minyak. Kotoran yang tertinggal di body motor menyebabkan cat tidak bisa menempel dengan sempurna.

Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan pelapisan ulang setelah 10 menit dari pelapisan pertama. Hal ini agar warna lebih keluar, awet, berkilau dan juga membuat tampilan motor lebih keren.

Oiya, jangan lupa ya setelah Anda menggunakan cat semprotkan ke area atau benda yang sudah tidak terpakai selama 2 detik. Hal ini untuk mengantisipasi nozzle atau kepala cat tidak akan terhambat apabila digunakan lagi kemudian.

3. Sapporo Ultimate

 

Sapporo-Ultimate

Sapporo Ultimate bisa dibilang salah satu merk cat semprot body motor yang terbaik saat ini. Betapa tikak, hasil semprotan yang Sapporo Ultimate benar-benar halus dan membuat motor tampak seperti baru. Selain itu formulanya yang user friendly membuat pengecatan menjadi lebih mudah bahkan bagi seorang pemula sekalipun.

READ  9 Merk Pewarna Makanan yang Bagus dan Aman Dikonsumsi

Kelebihan utama dari Sapporo Ultimate adalah warnanya yang istimewa, bahkan Xyralic Colour yang dihasilkan merupakan yang pertama di dunia. Jadi mengenai keawetan dan hasil pada body motor sudah tidak perlu diragukan lagi untuk merk satu ini.

Secara lebih detail mengenai hasil, bukan hanya mengkilap dan berwarna hitam saja. Melainkan ada efek perubahan warna ketika permukaan body motor terkena cahaya. Keren sekali bukan apabila menggunakan cat satu ini untuk motor kesayangan Anda?

Kelebihan selanjutnya yang perlu Anda ketahui, selain hasilnya memuaskan cat motor juga tahan terhadap bensin. Lalu semprotan nozzle yang digunakan juga tidak hanya secara vertikal saja, nozzle fleksibel mirip kompresor sehingga juga bisa digunakan secara horizontal.

Untuk aturan penggunaan Sapporo Ultimate tidak berbeda jauh dengan merk cat semprot lainnya. Pastikan permukaan body motor telah bersih dan tidak terdapat noda apapun termasuk minyak pelumas yang biasanya digunakan agar body mengkilap. Terakhir, untuk hasil yang maksimal sebaiknya dilakukan pelapisan sebanyak 3 kali dengan jarak masing-masing lapisan selama 20 menit.

4. RJ Acrylic Epoxy

RJ-Acrylic-Epoxy

Harga pilox RJ Acrylic Epoxy cukup bersahabat dan mudah didapatkan di pasaran, sebenarnya selain jenis akrilik masih banyak jenis cat RJ yang lain. Karakteristik cat satu ini mengkilap, mudah kering, dan juga awet serta tahan lama. Sangat cocok sekali untuk body motor yang sering digunakan untuk berpanas-panasan.

Dibandingkan dengan merk lain, kilat yang dihasilkan oleh RJ Acrylic Epoxy lebih ketara dan tahan lama. Ini berkat density yang dimiliki oleh cat yaitu sebanyak 0.90-1, 20 g.ml. Coverage yang dimiliki juga menjangkau permukaan cukup lebar yaitu 0,100 liter/m2, hal ini membuat cat cukup awet dan bisa digunakan berulang kali.

Selain digunakan untuk cat body motor, RJ Acrylic Epoxy juga merupakan merk cat semprot yang bagus untuk besi dan kayu. Tentunya hasilnya akan berbeda saat cat digunakan untuk cat body motor, cat kayu, dan cat besi ya.

READ  16 Merk Pengharum Ruangan yang Bagus dan Tahan Lama

Cat ini butuh 15 menit untuk kering, jadi untuk pelapisan kedua perlu menunggu terlebih dahulu. Lalu, agar cat menempel sepenuhnya membutuhkan waktu 24 jam penuh. Waktu tunggu yang cukup lama ini agar cat benar-benar kuat, dan anti retak dalam waktu yang lama.

5. Cargloss Aerox 800

Cargloss-Aerox-800

 

Merk keluaran dari Aerox Spray Paint satu ini benar-benar memiliki jumlah warna yang banyak dan bisa custom. Sehingga bagi Anda yang suka warna-warna tidak biasa, satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Cargloss Aerox 800 sendiri, merupakan cat semprot tipe aerosol berjenis akrilik yang setingkat diatas Nitrocellulose. Bagi Anda yang sudah kepincut seri ini, jadi tidak perlu khawatir akan kualitasnya.

Selain memiliki banyak pilihan warna, Cargloss Aerox 800 juga tahan bensin, dan panas. Sehingga kalau Anda ingin knalpot diberi warna, bisa menggunakan Cargloss Aerox 800. Warnanya dijamin awet dan bertahan lama, serta tidak akan retak-retak walaupun motor sering digunakan.

Hanya saja, apabila Anda memilih warna Candy untuk merk cat semprot body motor dari Cargloss satu ini, butuh diberi cat warna dasar ya. Mengapa demikian? Ini karena cat dengan warna Candy merupakan hasil perpaduan antara under coat dan base coat. Jika dipaksakan tanpa warna dasar, warna tidak akan menempel sempurna dan juga tidak terlihat mengkilap.

Penggunaan cat untuk merk ini, pada dasarnya sama saja dengan merk lain. Body harus bersih dan untuk knalpot pastikan permukaannya harus diamplas terlebih dahulu. Ini supaya cat tahan lama dan bisa menempel sempurna pada permukaan knalpot.

Demikian rekomendasi merk cat semprot motor yang bagus dan juga awet. Sebelum memilih mana yang terbaik, pastikan kelebihan dan kekurangan masing-masing cat ya. Hal ini termasuk kemudahan cara pengecatan yang dipengaruhi oleh kepala nozzle dan lama cat untuk kering.